SMK Teuku Umar

SEKOLAH YANG ISLAMI SMK TEUKU UMAR SEMARANG JADI ALTERNATIF

Assalamualaikaum Wr. Wb

 

Para pembaca yang saya hormati !

Setiap menjelang tahun pelajaran baru, selalu menjadi momen yang sangat istimewa dan kadang  juga penuh kegalauan bagi orang tua calon siswa. Karena harus berfikir dan merencanakan sekolah lanjutan untuk putra putrinya untuk mempersiapkan masa depan anaknya. Bagaimana tidak, orangtua/wali siswa  akan dihadapkan dengan sebuah pilihan sekolah  atau jurusan  yang tepat bagi masa depan anaknya, yang intinya tidak asal saja menempatkan anaknya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, perlu penulis sampaikan kepada bapak/ibu dan saudara,   bahwa ternyata sekolah berbasis Islam memiliki keunggulan yang lebih, bila dibadingkan dengan sekolah yang bersifat umum. Oleh karena Itu kenapa banyak orangtua yang lebih senang memilih sekolah yang berbasis Islam, tentunya ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan bapak/ibu dan saudara. Di  SMK Teuku Umar Semarang  sampai saat ini masih berupaya untuk memberikan layanan kepada semua siswa, agar siswa yang didaftarkan dan diterima/masuk di SMK Teuku Umar Semarang,akan mendaatkan  bimbingan, Latihan dan pembinaan dari semua bapak/ibu guru secara terus menerus, agar mendapatkan ilmu pengetahuan umum dan terampil sesuai bidangnya, dan juga memiliki pemahaman  ilmu agama yang mamadai untuk bekal hidup didunia dan akhirat, sehingga kelak nanti setelah lulus akan mampu membentuk sikap dan  akhlaknya yang baik.

Pada jaman sekarang ini sebaiknya  orang tua  harus lebih berhati-hati dalam memilihkan  sekolah untuk buah hatinya. Tentunya hal ini sangatlah wajar mengingat sebuah keinginan kesuksesan anaknya kelak dimasa yang akan datang. Salah satu pilihan orang tua untuk melanjutkan sekolah anaknya saat ini, ialah upaya berkeinginan memasukan anak mereka ke lembaga pendidikan yang berbasis agama Islam. Tentu ada beberapa alasan yang menyebabkan mereka cenderung untuk memilih sekolah yang berlandaskan islam, diharapkan agar putra-putrinya kelak bisa menjadi  harapan orang tuanya, pandai ilmu pengetahuan agama dan ilmu umum serta terampil dalam bekerja. SMK Teuku Umar Semarang bisa menjadi pilihan pertamanya  untuk melanjutkan sekolah bagi putra putrinya bapak/ibu /saudara setelah lulus dari SMP/Mts pada tahun 2020/2021 bisa melanjutkan sekolahnya di SMK Teuku Umar. Tentunya ada beberapa alasan mengapa harus lebih memilih sekolah berbasis islam dalam memilih sekolah untuk putra putrinya. Salah satunya alasan yang mendasar yaitu :

  1. Anak adalah investasi dunia dan  

Investasi adalah suatu usaha yang membutuhkan modal sampai akhirnya kita akan menuaikan hasilnya tidak hanya didunia saja akan tetapi sampai nanti di akhirat. Maka biar apa yang dikeluarkan oleh orang tua, baik tenaga fikiran dan dana yang dikeluarkan tidak ada kata mubazir untuk anaknya.maka orangtua rela bekerja keras untuk menyekolahkan dan membiayai putranya  di sekolah yang relatif mahal menurut pandangan orang, tapi hasilnya dari proses Pendidikan putranya bisa dinikmati baik di dunia maupun sampai di akhirat.contohnya siswa bisa baca dan hafal Al quran, rajin sholat, akhlaknya baik, orang tua akan mendapat pahala yang akan mengalir secara terus menerus.

  1. PelajaranAgama yang Lebih Intensif untuk putranya.

Kalau belajar di sekolah umum, pelajaran agamanya tidak banyak. Paling 3 jam setiap minggunya. Bandingkan dengan sekolah terpadu. Untuk pelajaran agamanya mungkin bisa lebih dari 2 jam. Tapi banyak pelajaran yang terkait dengan agama, misal: mengaji, menulis Arab, hafalan doa, belajar sejarah agama, shalat Dhuha jamaah, sholat wajib jamaah, hafalan qurannya, praktik dzikir dan doa dan lainnya.

 

  1. Dibimbing untuk Berahlaqul Karimah setiap harinya

Salah satu alasan yang penting dari memilih sekolah berbasis Islami adalah adanya pelatihan tingkah laku dan budi pekerti menurut tuntunan agama. Sejak masuk ke gerbang sekolah sampai nantinya pulang sekolah, anak-anak dilatih, dibimbing, dibina dan diajari  untuk berlaku sesuai tuntunan agama. Misal, murid datang ke sekolah disambut oleh guru dan kita menyalami dengan mencium tangan secara takzim para guru, lalu nanti shalat Dhuha jamaah. Sholat wajib berjamaah,membaca asmaul husna, sebelum pelajaran, sebelum masuk kelas yang sebagian adalah doa sebelum belajar. Masuk kamar mandi berdoa, mau masuk masjid berdoa,sholat berjamaah, mengaji Al quran  dan mengkaji Agama.

  1. Dipenuhinya Kegiatan Tambahan yang Positif dan agamis

Sekolah selalu memberikan jam khusus untuk membaca dan menulis,terutama untuk penunjang materi agama Islam. Siswa dan guru diminta untuk membaca buku-buku agama selain buku pelajaran umum. Bisa buku pribadi yang dibawa dari rumah atau pinjam dari perpustakaan. Lalu mereka diajari dan diminta untuk menulis. Dua kegiatan ini, membaca dan menulis, adalah positif dan berguna untuk pendidikan. Bahkan secara giliran, guru  akan mengajak seluruh siswanya ke perpustakaan untuk membaca bareng di sana.untuk mendalami ilmu agama di perpustakaan sekolah.

  1. Ekstrakurikuler Baca Tulis Alquran ‘wajib’ bagi siswa .

Sebenarnya kalau kita mengacu pada kata ‘ekstra’, maka itu akan menjadi materi tambahan untuk ketrampilan siswa dan tidak wajib. Namun di sekolah SMK Teuku Umar , jam ekstra kurikuler diharapkan menjadi penunjang pelajaran utama. Jadi bukan dipisah. Bukan seperti sekarang pelajaran sekolah, setelah itu bebas tak terkait pelajaran. Karena itu pilihan kegiatan esktra yang di pilih oleh siswa sangat membantu untuk kemajuan dan prestasi siswa, di SMK Teuku Umar Semarang Extra BTQ menjadi extra wajib bagi siswa.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca, dan mampu memberikan semangat atau dorongan untuk senantiasa menyekolahkan putra putrinya di sekolah yang bernuansa islami.agar siswa terbentuk karakter akhlaknya dengan baik serta menjadi anak yang sholeh dan sholekah. Aamiin.

 

Oleh : Komarudin, S.Ag

 

Wasslamualaikum wr wb.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *